Penyerahan

Penyerahan Online

Sudahkah memiliki nama pengguna dan kata sandi untuk Jurnal Teknika?
Ke Login

Butuh nama pengguna dan kata sandi?
Ke registrasi

Registrasi dan login dibutuhkan untuk memasukkan naskah dan kelengkapannya secara online dan untuk mengecek status naskah saat ini.

 

Petunjuk Penulis

PANDUAN BAGI PENULIS Teknika (Jurnal Fakultas Teknik Universitas Islam Lamongan)

Jurnal Teknika: Jurnal Fakultas Teknik Universitas Islam Lamongan yang mencakup atikel dalam bidang Teknik Informatika, Teknik Sipil dan Teknik Elektro. Jurnal ini menerima artikel dari berbagai kalangan, baik dari dosen, praktisi, akademisi, peneliti dari dalam dan luar kampus universitas islam lamongan.


Tata Cara Penyampaian Naskah: penulis mengirimkan naskah dalam bentuk file elektronik dengan cara mengunggahnya melalui halaman pengguna pada menu login pada Online Journal System (OJS). Setelah proses review oleh mitra bestari, naskah tersebut akan dikembalikan untuk dilakukan revisi, ditolak, atau diterima tanpa revisi. Hasil revisi segera dikirimkan kembali ke redaksi melalui halaman pengguna.

Format: naskah ditulis dengan bahasa Indonesia dalam kaidah bahasa yang baku. Format penulisan penulis dapat menyesuaikan template yang telah disediakan.

Sistematika: Judul, Abstract, Pendahuluan, Metodologi, Hasil & Pembahasan, Kesimpulan, Saran (bila deiperlukan), Ucapan Terima Kasih (bila diperlukan), dan Daftar Pustaka.

Judul: Ringkas, jelas dan menunjukkan adanya kajian/analisis terhadap masalah/topik yang dikaji, maksimal 15 kata, ukuran huruf 12 dan cetak tebal.(sesuaikan aturan template)

Atribut: Nama & Institusi penulis, alamat kontak (telp. /Fax./email). Ditulis di bawah judul.

Abstrak: Ditulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris dengan jarak antar baris 1 (satu) spasi; ditulis dalam satu paragraph (150-250 kata) yang mencakup: latar belakang, tujuan dan/atau ruang lingkup penelitian, metode yang digunakan, ringkasan hasil/finding dan simpulan.

Kata Kunci: ditulis terpisah 1 spasi di bawah abstrak, kata/istilah/pengertian yang penting maksimal 6 kata.

Pendahuluan: secara singkat menjelaskan latar belakang umum kajian, memuat State of The Art untuk menjustifikasi atau menguatkan pernyataan novelty atau signifikansi atau kontribusi ilmiah atau orisinalitas dari artikel ini dan harus ada rujukan ke artikel dari jurnal 10 tahun terakhir yang memperkuat justifikasi orisinalitas atau kontribusi tersebut. Dalam format naskah ilmiah tidak diperkenankan adanya tinjauan pustaka sebagaimana di laporan penelitian.

Sebelum menuliskan tujuan kajian, harus ada Gap Analysis atau pernyataan kesenjangan (orisinalitas) atau pernyataan kontribusi kebaruan (novelty statement) secara jelas dan eksplisit, atau perbedaan yang unik dari penelitian ini jika dibanding dengan penelitian-penelitian sebelumnya, juga dari sisi penting tidaknya penelitian tersebut dilakukan. Tujuan penelitian ditulis secara lugas dan jelas. BUKAN seperti ini (Berdasarkan latar belakang tersebut, maka tujuan penelitian ini).

Metodologi: penjelasan singkat mengenai masalah, bahan atau instrumen serta metode yang digunakan.

Hasil dan Pembahasan: pemaparan hasil dan pembahasan secara runtut dan komprehensif serta mengarah kepada pemecahan masalah. Hasil dan Pembahasan setidaknya memuat: (1). (unsur what/how) apakah data yang disajikan telah diolah (bukan data mentah), dituangkan dalam bentuk tabel atau gambar (pilih salah satu), serta diberi keterangan yang mudah dipahami? Tuliskan temuan atau finding-nya, tetapi jangan dibahas pembahasannya di bagian ini; (2). (unsur why) pada bagian pembahasan terlihat adanya kaitan antara hasil yang diperoleh dan konsep dasar dan/atau hipotesis? Pembahasan yang dibuat harus ditunjang fakta yang nyata dan jelas; dan (3) (unsur what else) apakah ada kesesuaian atau pertentangan dengan hasil penelitian orang lain?

Kesimpulan: kesimpulan ditulis jelas, singkat dan sistematis serta menjawab permasalahan atau tujuan.

Ucapan Terima Kasih (opsional).

Daftar Pustaka: sistematika penulisan daftar pustaka sesuai dengan APA style 6th edition dengan rujukan diusahakan minimum 80% berasal dari literatur primer/jurnal ilmiah.

 

Petunjuk Untuk Penulis

Penulis yang ingin memasukkan naskah harus memperhatikan poin-poin di bawah ini. Jika naskah tidak sesuai dengan persyaratan yang telah dicantumkan, ada kemungkinan naskah tersebut akan dikembalikan.

  1. Latar Belakang –Alasan –Tujuan penelitian –Teori dan hasil-hasil penelitian sebelumnya –Teori dan hasil-hasil penelitian sebelumnya dijadikan dalam satu point PENDAHULUAN
  2. Metode: Eksperimen - Teknik Pengumpulan data: metode observasi - Teknik Pengumpulan data: metode observasi - Alat pengumpulan data: Lembar observasi - Analisis data: Teknik t-test
  3. Hasil dan pembahasan
  4. Kesimpulan, keterbatasan dan Rekomendasi/Saran
 

Pemberitahuan Hak Cipta

Jurnal Teknika dilisensikan di bawah Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0). Anda bebas untuk:

 

  • Bagikan — salin dan distribusikan ulang materi dalam media atau format apa pun
  • Beradaptasi — me-remix, mengubah, dan membangun materi untuk tujuan apa pun, bahkan secara komersial. Lisensi ini dapat diterima untuk Karya Budaya Bebas.

Pemberi lisensi tidak dapat mencabut kebebasan ini selama Anda mengikuti persyaratan lisensi.

  • Atribusi — Anda harus memberikan kredit yang sesuai, memberikan tautan ke lisensi, dan menunjukkan jika ada perubahan. Anda dapat melakukannya dengan cara yang wajar, tetapi tidak dengan cara apa pun yang menunjukkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
  • ShareAlike — Jika Anda me-remix, mengubah, atau membangun materi, Anda harus mendistribusikan kontribusi Anda di bawah lisensi yang sama seperti aslinya.
  • Tidak ada batasan tambahan — Anda tidak boleh menerapkan persyaratan hukum atau tindakan teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan apa pun yang diizinkan oleh lisensi.

 

Hak Cipta

Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:

 

Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini .

Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awalnya di jurnal ini.

Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat Pengaruh Akses Terbuka).

 

Jutnal teknika oleh Universitas Islam Lamongan berlisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Berdasarkan karya di https://jurnalteknik.unisla.ac.id/index.php/teknika/index

 

Pernyataan Privasi

Penulis disarankan memberikan alamat email yang jelas dan benar supaya memudahkan dalam publikasi pada google scholar.

 

Biaya Penulis

Jurnal ini menarik biaya dari biaya penulis berikut ini.

Publikasi: 250000,00 (IDR)

Untuk Menerbitkan artikel pada jurnal kami kenakan biaya sebesar 250.000,- Rupiah.

Biaya hanya dikenakan pada artikel yang sudah terpilih dan siap diterbitkan.